TUMIS AYAM SAUS TIRAM

Yuhuu…hari ini mau ngeposting salah satu resep masakan simple-simple jambu. Apalah… Ho’oh, secara udah bosen dengan menu sambal menyambal, hari ini si suami request kepengen dibuatin Tumis Ayam Saus Tiram.

Kenapa harus tumis ayam saus tiram? Karena semalam barusan dari Berastagi supermarket dan kegenitan ambil saus tiram. Next,  sisa bahan-bahan di dapur memang hanya mendukung untuk memasak masakan ini saja. Duh..kasian.

Tanpa berlama-lama, begini nih resep masak Tumis Ayam Saus Tiram ala mak nogu

Bahan-bahan:

  1. Ayam bagian dada 2 potong
  2. Ceker ayam 5 buah (kebetulan ada)
  3. Bawang bombay  1 buah, diiris
  4. Bawah putih 3 siung dikeprek trus diiris cincang
  5. 1 ruas jahe dikeprek
  6. Cabai merah secukupnya diiris serong (yahh sekitar 5 atau 6 lah)
  7. Cabai rawit secukupnya diiris serong (sekitar 5 atau 6 juga)
  8. Daun bawang diiris serong
  9. Tomat 1 buah dipotong 4
  10. Saus Tiram
  11. Saos sambal botolan
  12. Gula dan garam secukupnya
  13. Minyak goreng untuk menggoreng ayam
  14. Air secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Rebus ayam dan ceker dengan air secukupnya sampai ngeluarin kaldu ayam. Airnya jangan terlalu banyak.
  2. Setelah direbus, goreng ayam dan ceker setengah matang, angkat dan tiriskan
  3. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bawang putih, jahe, bawang bombay, tomat, cabai merah dan cabai rawit hingga harum.
  4. Masukkan garam dan gula secukupnya
  5. Masukkan saus tiram dan saos sambal botolan secukupnya (sesuai selera)
  6. Tambahkan sedikit air kaldu ayam yang telah direbus tadi, masak sampai matang
  7. Taburkan daun bawang
  8. Angkat dan sajikan dengan nasi panas

Selesai deh..

Ayam saus tiram made in Juliha

Makanan ini simple banget cara buatnya dan bahan-bahannya mudah di dapat. Yuk jangan lupa dicoba. Selamat menikmati masakanmu bersama dengan yang tersayang, teman.

 

Advertisements

Gulai ikan tongkol made in Juliha

Selamat pagi di hari Minggu. Hari ini aku mau share masakan tradisional yang terinspirasi dari kelapa parut yang udah di beli Buk Af sang CS kantor di hari Jumat kemarin. Seharusnya sih kelapa parut itu baiknya langsung digunakan karena kelapa parut ataupun olahannya seperti santan itu gampang banget basi. Tapi kebetulan, setelah di cek pagi ini si kelapa parut masih dalam kondisi baik. Mungkin karena disimpan deket banget dengan freezer. Jadi nambah pengalaman deh ya, supaya kelapa parut nggak basi boleh disimpan deket freezer paling lama 2 hari. Kalau lebih, aku sih ngga tanggung jawab. Oiya, ini berlaku untuk kelapa parut lho ya, bukan santan. Inget, bukan santan.

Masakan apa sih? Hehehe…sebenarnya cuma mau ng-share resep Gulai Ikan Tongkol made in Juliha. Ahaiiiyy… Da biasa ya? Iyah da biasa banget emang. Tapi, nggak biasanya karena bumbunya digiling langsung, kelapa parut yang diperas langsung, dan special tanpa penyedap rasa. Kalau nggak mau repot sih bisa beli bumbu gulai siap jadi di pasar, tapi yahhh…. karena gamau pakai penyedap rasa jadinya lebih baik ngolah bahan-bahannya sendiri biar lebih “nyeesss” gitu.

Kita mulai aja ya para buibu, gadis, mahmud, dll:

FYI, untuk bahan-bahannya udah dibeli sama buk Af yang aku ceritain di atas tadi, kebetulan sebagai emak-emak dengan perut yang udah gendut kesana sini, untuk ke pasar agak-agak diurungkan deh sekarang. Takut terpental trus guling-guling (oke..aku lebay)

Bahan-bahannya:

  1. Ikan tongkol sisik 1/2 badan nya aja
  2. Sereh
  3. Santan dari kelapa parut yang diperas
  4. Segala jenis daun untuk gulai (daun salam, daun jeruk, dll)
  5. garam dan gula

IMG_20151122_074601.jpg

IMG_20151122_074616.jpg

Bumbu dihaluskan:

  1. Cabe merah 9 buah
  2. Cabe rawit kalau pengen pedas
  3. Bawang merah secukupnya, yah bole 6 siung lah
  4. Bawang putih secukupnya, yang pasti lebih dikit dari bawang merah. Sekitar 3-4 siung
  5. Kunyit 2 cm
  6. Jahe 2 cm
  7. Lengkuas
  8. Kemiri

IMG_20151122_074641.jpg

IMG_20151122_074545

Ini di foto dalam keadaan setengah halus, harusnya lebih halus dikit lagi. Hehheeh.

FYI lagi, kalau di Padang untuk buat gulai itu bisa beli yang namanya Langkok. Langkok itu asal kata dari lengkap ya. Lengkap  isinya mulai dari jahe, kunyit, lengkuas, daun-daunan, sereh. Porsinya untuk sekali masak, jadinya udah dipotong kecil-kecil gitu.Trus di buat paket jadi 1, so harapannya 1x masak = 1 langkok. So, nggak kebuang-buang gitu.

Cara membuat:

  1. Bersihkan ikan tongkol, lumuri dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan beberapa saat
  2. Haluskan bumbu halus
  3. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi
  4. Masukkan ikan tongkol yang sudah dibersihkan
  5. Masukkan santan dari kelapa parut
  6. Tambahkan garam dan gula secukupnya, no penyedap rasa
  7. Kalau sudah agak mendidih, masukkan sereh dan daun-daunan
  8. Gulai nya di aduk terus ya sampai mendidih supaya nggak pecah santan. Tau pecah santan donk ya??
IMG_20151122_074529

diaduk terus sampai mendidih, biar jangan pecah santan

Setelah gulai mendidih, sajikan di mangkok plus disantap dengan nasi panas. Widih…yo bana di ranah minang awak ko mah. Hihihih…

IMG_20151122_074510

Rasanya??? Uenaaakkk  kata suami. So, jangan takut masak masakan tanpa penyedap rasa ya buibu, para gadis dan mahmud’rs. Selamat mencoba gulai ikan tongkol ala juliha.