CARA MENGURUS KTP HILANG DAN KTP PINDAH DOMISILI ?

Lagi pengen ngasitau kepada kamu, kamu dan kamu yang ngklik link wordpress aku sekarang dan dalam kondisi kehilangan KTP atau baru pindah domisili dari propinsi lain untuk segera menghubungi kantor Catatan Sipil agar dibuatkan surat keterangan domisili.

Kenapa sih emaknya Nogu rempong banget? Iyey..karna today aku tuh kena zonk banget gegara itu. Penyebabnya bukan aku, tapi papae Nogu. Hmmm…(tarik napas sampe batuk). So, kan aku tuh lagi ngurus administrasi nya Nogu. Ntar deh aku sharing lagi ngurus apaan di blog slanjutnya. Tunggu kelar masalah ktp-ktp-an ini. Selanjutnya, yang dibutuhin itu adalah KTP aku sebagai mama tersayangnya Nogu dan tentu saja KTP Papae Nogu. Dikarenakan keteledoran yang belom hilang dari jaman kutumbaba sampe sekarang, KTP aku tuh hilang. Entah dimana. Syukurnya aku tuh udah ngurus ke capil untuk surat keterangan pengganti KTP. Dengan alasan blanko EKTP yang sampai sekarang selalu habis dan tak kunjung terganti, jadilah identitas aku sekarang hanya secarik kertas surat keterangan domisili yang diperpanjang setiap 6 bulan sekali.

Btw, ngurus surat keterangan domisili karna KTP hilang susah ngga sis? Gampang. Tinggal datang ke Kantor Disdukcapil (kemarin aku pake ngantri dikit), serahkan kartu keluarga dan surat kehilangan dari kantor polisi. Tunggu sekitar 5 hari kerja dan selesailah kertas sakti penanda identitas bahwa kamu adalah warga Indonesia yang sah. Kapan blanko e-ktp tersedia? Entahlah..

Nah, trus hubungan dengan papa Nogu apa? Jadi begini, Papa Nogu itu kan sebelumnya merupakan warga kota Malang. So, dengan berpindahnya doi ke Kota Medan dengan dibuktikan surat keterangan pindah dari Kota Malang dan surat urus ini itu dari Kelurahan dan Kecamatan yang menghasilkan kartu keluarga medan seharusnya KTP nya diganti menjadi Provinsi Sumatera Utara. Dan lagi-lagi dengan alasan blanko habis maka KTP perpindahan domisilinya tidak bisa dicetak. Waktu ngambil KK juga ngga ada info untuk ngurusin resi or surat keterangan domisili dan kalau ngga salah info dari Kelurahan bilang KTP nya doi yang masih bertuliskan Provinsi Jawa Timur itu masih tetap bisa digunain.

Itulah sebabnya ke-Zonk-an yang terjadi hari ini. Ternyata papa Nogu harus ngurus surat keterangan domisili yang persis punya aku sebagai bukti kalau doi udah pindah kesini. Sumpah, kirain surat keterangan itu hanya untuk warga negara yang kehilangan kartu tanda pengenal. Bagi anda-anda sekalian yang pindah domisili ke kota Medan walaupun blanko e-ktp habis tetap minta resi ya. Dateng aja ke disdukcapil kota Medan yang dekat TPU Gajah Mada, naik ke lantai 3 di loket 3. Cukup bawa Kartu Keluarga (Keluaran Kota Medan) dan fotocopy KTP. Berkas seleseai sekitar 8 hari kalender. Dan, untuk anda-anda yang KTP nya hilang dan sudah ngurus kartu keterangan domisili dan masa berlaku 6 bulannya sudah mau habis, sekalian lah urus perpanjangan dengan syarat Kartu Keterangan Domisili yang asli.

Iyaaa….ini salah saya. salah dia. salah kami.. *menunduk

Yah, makanya pak bookk…jangan korupsi. Biar kami warga kecil ini kalau ngurus administrasi tanda pengenal langsung ada blanko nya ngga ngabis-ngabisin kertas HVS, ngga ngabisin tinta printer setiap 6 bulan sekali. Ngana pikir aja, untuk setiap orang yang ngurus tanda pengenal harus punya secarik kertas sakti itu. Berapa pohon yang tumbang karna itu? Bagaimana ekosistem lingkungan karna itu? Kebanjiran dimana-mana karna banyak nya penebangan pohon. Binatang-binatang liar pun hampir punah karna ekosistemnya diganggu. Ah sudahlah, Sebelum semakin eror dan ngga nyambung, marilah kita sudahi saja. Bye.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s