SALAH SASARAN

“Kak, pintu mobilmu ngeri kali goresannya,”kata Ilin.

“Haa..? Yang mana lin?”sambil buka pintu mobil dan langsung melihat ke sisi pintu sebelah kanan. Terpampang nyata lah goresan panjang di bagian bawah pintu mobil sebelah kanan.

Ah, ini pasti ulah papa Nogu hari Minggu kemarin. Ambil handphone, tekan nomor papa Nogu dan suara diseberang pun menjawab,”napa ma?” Saya yang seketika berubah jadi suzanna yang abis makan petasan langsung nyerocos. “Tuh kan papa.. nggoresin pintu mobil. Padahal kemarin katanya ngga kenapa-kenapa. Nah ternyata goresannya gede banget. Ah papa nih..,” repetan saya yang kayak petasan.

Jadi begini, dikarenakan lingkungan sekitar rumah sering terjadi kehilangan alias pencurian (bahkan helm dan sepeda pun hilang di rumah), maka papa Nogu berinisiatif untuk selalu mengunci pagar dengan rantai dan gembok yang ribet. Setiap pulang jadi repot sendiri karna harus menunggu orang di dalam rumah membukakan pagar. So, setelah perundingan matang, papa nogu menyandingkan kunci pagar dan garasi bersama dengan kunci mobil. “Supaya nggak ribet..,” begitu alasannya.

So, hari Minggu kemarin Kami turut ayah ke kota naik delman istimewa ku duduk di muka. Halah.. Jadi, hari Minggu kemarin kami membawa Nogu jalan-jalan wisata mall ke salah satu mall di Kota Medan. Setelah mobil dipanasin, naiklah saya dan Nogu ke dalam mobil yang disusul papa Nogu kemudian. Tanpa menutup pintu, papa Nogu mengeluarkan satu kakinya dan menggeser mobil dengan kakinya itu dalam keadaan pintu mobil ditutup setengah (bayangin sendiri yak ribetnya gue ngomong). Dan, tiba-tiba..braakkk. Pintu mobil mengenai dinding garasi. Papa Nogu cuma bisa tersenyum simpul.

“Itulah papa, tahapa gitu-gitu. Kan dimundurin aja bisa,”omel saya.

“Yah ma, males banget harus mundur lagi. Matiin mobil lagi, kunci garasi lagi, mundur lagi, matiin mobil lagi, kunci pagar lagi..,” bela Papa Nogu.

“Kan bisa sekalian dimundurin sampe luar sih pa,”

“hee..iya sih,” jawab Papa Nogu sambil nyengir.

Nah, protes iLin tentang keadaan pintu mobil mengingatkan saya pada kejadian yang dibuat Papa Nogu di ataa. “Ah, inilah si papa, pasti ngga tau kalau goresannya gede banget.”

“Pa, tuh pa gara-gara papa.”

“enggak lho ma, papa kemarin liat kok gak ada yang kegores.” Jawab Papa Nogu

“Ah, papa nih boong aja. ” rajuk saya sambil turun dari mobil melihat kondisi pintu. “Nah tu, panjang gitu pa. Ngga ada gimana? Mama fotoin ya.”

“eh ma, inget ga waktu mama nabrak tiang di kantor Padang?” Tanya Papa Nogu

“nah iya, kenapa emang?”

“yah goresannya mama yang buat. Mana mungkin kena tembok goresannya sepanjang itu.” Jawab Papa Nogu santai

Plakkkk..

kayak disambar petir siang hari. Tiba-tiba teringat ke kejadian sore hari di tahun 2015. Pas memarkirkan mobil di tempat parkir kantor area Padang. Ketika mau pulang, ada mobil Pak “S” Humas yang nongkrong cantik di depan mobil. Tidak tepat depan mobil, tapi setengah mobil ditutupin dengan mobilnya. Kondisi hamil saat itu membuat pengen cepat pulang aja. Tapi si


bapak ga muncul-muncul buat geser mobilnya (waktu itu saya gatau itu mobil dia). Yauda, rasa-rasa bisa lewat yah maju aja dan braaaakk..body mobil sebelah kanan bawah tepatnya dekat pintu nyangkut di tiang parkiran. Njiiirrr…dimundurin gesek dimajuin makin gesek. Dan, sekonyong-konyong bapak tu daTang sambil bilang, “Ana, kegores tu pintunya.”

“Ya bapak markir seenaknya disitu.”

“kan itu mobil saya, kan kamu bisa bilang ke saya supaya geser.” Jawab doi

“maksud ngana, beta harus tau siapa-siapa aja yang punya mobil disini.” Umpatan dalam hati. “Ah, sudahlah pak. Geser aja mobil bapak. Udah kegores ni mobil saya karna bapak parkir sembarangan.” Teriak saya sewot.

akhirnya doi mindahin mobilnya dan pulanglah saya dengan kesal tingkat dewa.


“Ma..ma.. iyakan, mama yang buat kan?” Tanya Papa Nogu

“ah masa sih pa? Eh yauda deh pa. Udah yaa.. daaah papa..” buru-buru menutup telepon.

ah, sudahlah marah-marah. Ternyata itu salah saya. Hahaha.. maap ya suami, istrimu ini pikunnya sudah semakin menjadi. 😁

 

 

Leave a Reply

