HUJAN

Beberapa minggu belakangan ini, hujan deras selalu mengguyur kota Medan di sore hari. Walaupun terik matahari tetap menantang di siang hari, tapi gumpalan awan hitam juga tak mau kalah bersaing sengit di langit biru.

Saya suka hujan. Bukan karna mellow alay tapi karna saya memang suka dingin. Mungkin saya bentar lagi bakalan hijrah ke dalam kulkas. Hufh..

Kota Medan beberapa tahun belakangan ini terkenal sangat panas. Layaknya hanya berjarak 2 digit kilometer dari matahari, suhu udara di kota Medan pun sampai 34 derajat celcius. Jadi, hujan adalah hal berharga yang sangat saya tunggu-tunggu.

Saya tidak pernah membenci hujan. Walaupun saya terkadang harus pulang kantor kehujanan ketika hari-hari tertentu memutuskan mengendarai motor ke kantor karna sudah telat pagi hari nya. Saya tak pernah mengeluh kenapa hujan harus turun ataupun kalimat-kalimat sejenis yang bermakna sama. Karna ketika cuaca panas mendera, pastilah akan mengeluh juga. Kenapa cuaca panas sekali? Apa pintu neraka terbuka sehingga kota Medan sangat panas? Dan keluhan lain, dan lain-lain.

Karna itulah saya memilih tidak mengeluh saat hujan datang, karna saya tidak bisa berbohong bahwa saya lebih memilih mengeluh ketika cuaca panas datang.

Kemarin malam hujan sangat deras ketika saya dan keluarga hendak pulang ke rumah. Perasaan sudah dagdigdug ketika melewati jalanan yang disamping kanan dan kiri  berdiri kokoh pohon pohon besar yang pastinya sudah berumur puluhan tahun. Dahan dan dedaunan yang menggantung menari lincah mengikuti arah angin yang sangat keras. Bahkan beberapa ada yang tampak ingin memangsa mobil-mobil yang lewat karna gerakannya mengayun ke bawah. Sering terjadi pohon tumbang ketika hujan disertai angin. Manusia hanya bisa berusaha menghindar sambil berdoa.

Terkadang terlintas di pikiran, kapan Kota Medan berubah gelar menjadi kota hujan. Walaupun berpengaruh sangat sedikit untuk “mendinginkan” hati para penduduknya.

Leave a Reply

