Ibu hamil suka yang dingin-dingin?

Suhu kota Padang beberapa hari belakangan ini dahsyat panasnya. Selain letak kota Padang yang sangat dekat dengan laut. Sudah beberapa hari hujan juga ngga turun. Kalaupun ada tanda-tanda hujan, lebih ke arah tanda doang sih ya alias mendung bukan ke arah turunnya hujan.
Panas-panas gini terutama untuk ibu hamil, paling asoy kayaknya ngemut es ya. Banyak cerita beredar kalau lagi hamil ngga baik minum-minum es, apalagi minum-minuman keras. Okey, es emg bentuknya keras (mulai error sangkin panasnya).
Kenapa ibu hamil ngga boleh minum es? Katanya sih buat badan makin kembang kesana kemari tanpa tau arah tujuan. Tapi, dalam keadaan cuaca puhanaz begini masa sih harus ditahan keinginan ngadem minimal dengan es batu?
Kalo menurut aku, plus baca om gugel, plus tanya dokter n sana sini, boleh aja kok minum yang dingin-dingin. Tapi…ada tapinya, yah jangan berlebihan. Ingat, sesuatu yang berlebihan itu pasti ngga baik. Daripada keseringan minum es trus jadi batuk trus sakit, apa ngga kasian sama si janin dalam perut?
Boleh minum es, tapi..(ada tapi lagi) jangan dengan sesuatu yang manis-manis. Nah itu yang “katanya” bikin melar kesana-sini. Contohnya: Ngeskrim 5x sehari (duh..), minum sirup seharian, es cendol, es campur, teh manis dingin, bla bla bla es yang manis seger penghilang dahaga. “Katanya” lagi sih itu hanya penghilang dahaga sementara ya buibu..
Aku sendiri tu emang ngga doyan banget sama yg manis. Ehem.. Yah lebih karena eneg dan parno dengan riwayat diabetes kedua orangtua. Tapi, emang ngga bisa dipungkiri, disangkal atapun di tutupi, otw hamil 34 minggu ini beneran butuh minuman dingin ditambah dengan yang manis manja grup. Halah..maksudnya yang manis-manis yahud gitu. Kadang ya prinsip keenegan akan manis itu dilanggar juga. Misalnya, sekarang tiap pagi doyan banget buat es milo dan ditambah gula. Hiks.. Padahal selama ini ya minum hanya milo thok tanpa gula. Udah cukup manis banget, menurut aku. Tapi sekarang, antisipasinya yah pakailah gula Tropicana Slim yang menurut pengakuan suami tidak seenak gula pasir biasa. Ah, biarin..yang penting  aku tetap ngjaga diri dari kemanisan yang berlebihan (ah…alibi sekali, boong dll)
Nih ada beberapa saran untuk ibu hamil yang lagi kepanasan plus lagi gandrung-gandrung nya minum es pLus manis versi aku:
1. Kalau tetap pengen yang dingin manis manja grup, hedeh.. Rasa manis nya mungkin bisa diantisipasi dengan tidak menggunakan gula pasir biasa, coba beralih ke gula untuk diabetes. Bedanya? Rasanya jelas beda dan menurut kemasannya sih 1 sachet gula diabetes = 2 sendok teh gula pasir. Dari segi harga tentu lebih mahal ya, tapi keputusan tetap ada di kamu..kamu dan kamu.
2. Buat es batu sendiri aja. Selain lebih aman, sehat, n kamu tau air untuk buat es batu itu adalah air yang benar-benar aman untuk dikonsumsi. Kalau beli di luar kan ngga tau higienis apa ngga.
3. Beralih ke jus buah. Sumprit..jus buah emang enak bgt dikonsumsi ibu hamil. Nah, aku tuh selalu minum jus buah pagi hari sebelum berangkat ngantor. Untuk kesehatan diri, janin dan si suami juga. Kalau jus buah, gausa ditambahin gula lagi. Kecuali untuk buah-buah yang asamnya kelewatan. Buah apa aja? Yah apa aja, yang paling sering sih pear, sunkist, pepaya, mangga, kiwi, n jambu merah.
4. Bolehlah minum es es manis yang beredar, tapi inget batasannya. Jangan sampai berlebihan.
5. Air kelapa pakai es, enak banget nga sih. Selain dingin, air kelapa bagus banget untuk ibu hamil dan janin. Eh tapi, kalau bisa air kelapa hijau yang murni aja, no sugar. Bawa pulang ke rumah, tambahin lah es batu made in tangan sendiri. Wuih…kebayang segernya.
Segitu dulu deh, kalau ada tambahan lain boleh la di sharing di mari.
Semoga hari ini hujan, biar kota Padang ademan dikit. Yah kalau ngga juga ngga apa deh, yang penting masih bisa bernafas n aktivitas.
*ketjup satu-satu

Advertisements