Gulai ikan tongkol made in Juliha

Selamat pagi di hari Minggu. Hari ini aku mau share masakan tradisional yang terinspirasi dari kelapa parut yang udah di beli Buk Af sang CS kantor di hari Jumat kemarin. Seharusnya sih kelapa parut itu baiknya langsung digunakan karena kelapa parut ataupun olahannya seperti santan itu gampang banget basi. Tapi kebetulan, setelah di cek pagi ini si kelapa parut masih dalam kondisi baik. Mungkin karena disimpan deket banget dengan freezer. Jadi nambah pengalaman deh ya, supaya kelapa parut nggak basi boleh disimpan deket freezer paling lama 2 hari. Kalau lebih, aku sih ngga tanggung jawab. Oiya, ini berlaku untuk kelapa parut lho ya, bukan santan. Inget, bukan santan.

Masakan apa sih? Hehehe…sebenarnya cuma mau ng-share resep Gulai Ikan Tongkol made in Juliha. Ahaiiiyy… Da biasa ya? Iyah da biasa banget emang. Tapi, nggak biasanya karena bumbunya digiling langsung, kelapa parut yang diperas langsung, dan special tanpa penyedap rasa. Kalau nggak mau repot sih bisa beli bumbu gulai siap jadi di pasar, tapi yahhh…. karena gamau pakai penyedap rasa jadinya lebih baik ngolah bahan-bahannya sendiri biar lebih “nyeesss” gitu.

Kita mulai aja ya para buibu, gadis, mahmud, dll:

FYI, untuk bahan-bahannya udah dibeli sama buk Af yang aku ceritain di atas tadi, kebetulan sebagai emak-emak dengan perut yang udah gendut kesana sini, untuk ke pasar agak-agak diurungkan deh sekarang. Takut terpental trus guling-guling (oke..aku lebay)

Bahan-bahannya:

  1. Ikan tongkol sisik 1/2 badan nya aja
  2. Sereh
  3. Santan dari kelapa parut yang diperas
  4. Segala jenis daun untuk gulai (daun salam, daun jeruk, dll)
  5. garam dan gula

IMG_20151122_074601.jpg

IMG_20151122_074616.jpg

Bumbu dihaluskan:

  1. Cabe merah 9 buah
  2. Cabe rawit kalau pengen pedas
  3. Bawang merah secukupnya, yah bole 6 siung lah
  4. Bawang putih secukupnya, yang pasti lebih dikit dari bawang merah. Sekitar 3-4 siung
  5. Kunyit 2 cm
  6. Jahe 2 cm
  7. Lengkuas
  8. Kemiri

IMG_20151122_074641.jpg

IMG_20151122_074545

Ini di foto dalam keadaan setengah halus, harusnya lebih halus dikit lagi. Hehheeh.

FYI lagi, kalau di Padang untuk buat gulai itu bisa beli yang namanya Langkok. Langkok itu asal kata dari lengkap ya. Lengkap  isinya mulai dari jahe, kunyit, lengkuas, daun-daunan, sereh. Porsinya untuk sekali masak, jadinya udah dipotong kecil-kecil gitu.Trus di buat paket jadi 1, so harapannya 1x masak = 1 langkok. So, nggak kebuang-buang gitu.

Cara membuat:

  1. Bersihkan ikan tongkol, lumuri dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan beberapa saat
  2. Haluskan bumbu halus
  3. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi
  4. Masukkan ikan tongkol yang sudah dibersihkan
  5. Masukkan santan dari kelapa parut
  6. Tambahkan garam dan gula secukupnya, no penyedap rasa
  7. Kalau sudah agak mendidih, masukkan sereh dan daun-daunan
  8. Gulai nya di aduk terus ya sampai mendidih supaya nggak pecah santan. Tau pecah santan donk ya??
IMG_20151122_074529

diaduk terus sampai mendidih, biar jangan pecah santan

Setelah gulai mendidih, sajikan di mangkok plus disantap dengan nasi panas. Widih…yo bana di ranah minang awak ko mah. Hihihih…

IMG_20151122_074510

Rasanya??? Uenaaakkk  kata suami. So, jangan takut masak masakan tanpa penyedap rasa ya buibu, para gadis dan mahmud’rs. Selamat mencoba gulai ikan tongkol ala juliha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s