visit SUMBAR 2014: PuLau Pamutusan dan Pulau Pagang

Sumbar a.k.a Sumatera Barat yang ibukota nya Padang adalah salah satu Ibukota Propinsi yang tidak terlalu besar dibanding Medan. Yaiyalah..masa dibandingin sama Medan ya. Sumbar memang tidak ramai, tidak metropolitan, tidak macet, tapi terkadang itu yang buat kangen kalau aku sudah mendarat di Medan. Apalagi melihat kemacetan Kota Medan dimana si Komo selalu lewat tiap menitnya. Terkadang jadi kangen sepi nya Kota Padang.

Sumbar itu kaya banget sama wisata alamnya. Jadi inget dulu, pertama kali ke Padang ngeliat laut secara langsung itu suprise banget. Teriak-teriak gak karuan, “lauuttt…eh lauutt…wahh…” Kampungan sih ya, tapi emang kenyataannya gitu. Satu-satunya pantai yang pernah aku datangi hanya Pantai Gudang Garam di daerah Lubuk Pakam Medan. Jauh dari bayanganku karena hanya hamparan pasir hitam dan air laut yang bukan berwarna biru tapi coklat. Mungkin dikarenakan terlalu banyak pengunjung yang tidak menjaga kebersihan di daerah pantai. Atau, aku pernah juga di ajakin teman gereja jaman dulu pergi ke Pantai apa gitu namanya. Dalam bayanganku itu pantai indah berpasir putih seperti di film. Hasilnya… ZONK. Ternyata hanya sungai yang airnya mengalir melewati batu-batuan, arusnya terkadang deras dan terkadang tenang. Aaaaahh…itu bukan Pantai. *garuk2 dinding…

Perjalanan kali ini ke satu pulau namanya Pulau Pamutusan atau kerennya Pamutusan Island. Dengan formasi lengkap Barbie’s on Vacation ditambah teman2 kantor lain dan teman2 baru yang nantinya akan bersama2 berjuang di Sumbar ini. Perjalanan di mulai jam 7 pagi dengan menyewa angkot. Hahhaha… Angkot yang lagi mangkaL di pasaraya dan dipaksa untuk mengantar kami ke daerah Bungus. Tepatnya pantai Caroline. Pantai Caroline merupakan pantai awal untuk pergi ke Pamutusan Island menggunakan jasa Bang Carlos yang juga punya Losmen Carlos. Biaya untuk ke Pamutusan Island dan Pagang Island 350.000/orang termasuk guide, life jacket, makan siang, boat menuju pulau, foto underwater, banana boat, dan snack.

20140816_09094520140816_092042

Rombongan pertama pergi menggunakan perahu cepat. Sedangkan kami setelah menunggu sekitar 15 menit akhirnya berangkat menggunakan kapal boat cepat berwarna putih yang kecepatan nya jauh lebih cepat dibanding perahu pertama. Maaf ya..hahahah..

20140816_09305220140816_092847

Pulau yang kami temui pertama adalah Pulau Sikuai, tetapi sepertinya waktu itu pulau Sikuai ini sedang tidak dalam masa aktif. Halah apa bahasa ini..

20140816_162039

Next, Pulau Pagang…tapi kami hanya lewat saja karena tujuan pertama kami adalah Pulau Pamutusan. Jarak dari Pulau Pagang ke Pamutusan hanya sekitar 10 menit menyebrang menggunakan boat. Dekat banget..

20140816_095756

Finally, akhirnya sampai di Pamutusan. Keren sumpah… Lautnya biru, pasirnya putih. Imbang deh sama Maya Bay nya Krabi Island. hahahha.. Lebay? Nggak sih..  Tapi emang beneran keren, mungkin hanya kurang promosi dari pemerintah daerah. Nih sebagian gambar yang aku foto langsung dari kamera Oppo R1

Pamutusan Island

Pamutusan Island

20140816_100937

Setelah sampai, kita foto2 narsis semuanya. Trus diajakin ke Puncak Bukit dan bisa ngliat Pulau nya yang indah banget dari atas.

Pamutusan Island, dilihat dari Puncak Bukit

Pamutusan Island, dilihat dari Puncak Bukit

20140816_102253

20140816_10453420140816_104223

Setelah selesai foto2 di puncak bukit dan pantai, guide memberikan makan siang. Nasi bungkus dengan lauk ayam sambel. Lumayan la ya daripada enggak sama sekali. Jam 12 tepat, kita mengambil keputusan untuk snorkling ria di laut. Menghitam?? Banget..  Untuk foto underwater, biasanya guide akan meminta memori card untuk nyimpan hasil foto. Jadi kita gak perlu repot buka laptop dll untuk mindahin foto. Memori card yang dipakai waktu itu adalah memori card dari kamera digital teman yang namanya Mangantar. Tapi memang dasar kami tidak bisa berenang jadi hasilnya standar dan terkesan maksa. Hahhahah…

Ubur2 laut…iyaaawwww… kena gigit. Haih..pedih dan panas. Trus karang-karang laut yang tajam dan indah juga berperan penting dalam luka2 yang akan kami bawa pulang ke Padang. Kenapa snorkling di Pamutusan? Karna di Pamutusan terdapat karang-karang yang lumayan bagus dan ikan-ikan kecil yang berenang riang gembira kesana kemari.

Lelah bersnorkling ria, kita nglanjutin ke Pagang Island dengan muka yang udah memerah dan panas. Sampai di Pagang, kita main2 banana boat yang udah disediakan. Tapi kapal yg menarik si banana ngadat2 ga jelas. Jadi agak gimanaaa gitu. Ada sekitr 10 menit si kapal berkondisi baik untuk menarik si banana. Setelah dijatuhkan 3 kali di tengah pantai, kami kira akan diturunkan di tepi untuk beristirahat. Ternyata kenyataannya tidakk..!! Kami disuruh berenang sampai ke tepi. Olahraga supaya kurus? Tapi seru juga karna kami terombang ambing arus ombak. Pulau Pagang enggak ada karang, hanya laut dengan pasir putih halus. Kerenn..

Setelah sejam bermain banana, akhirnya kami istirahat di salah satu pondok di Pagang dan kemudian bersiap2 untuk pulang ke Padang.Dikarenakan sudah mau hujan, maka kami harus cepat sampai kembali ke Losmen Carlos. Untuk teman laki2 akhirnya pulang naik banana boat yang ditarik dari boat cepat yang mengangkut para perempuan. Aiihhhh…aku, dwi, muel duduk persis di ujung kapal. Yeeeaayy….sensasi ombak nya ampunnn… plus kehujanan pula.

IMG20140816160548

Sampai di Losmen Carlos dengan kehujanan tapi kami sepertinya terlalu lelah untuk mandi lagi di Losmen itu. Angkot yang menjemput juga sudah menunggu, maka kami langsung cuzzzz pulang ke padang. Diam seribu bahasa di dalam angkot, menikmati kelelahan hari ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s